Orang Tua Wajib Tahu 10 Kalimat Ini Jangan di Ucapkan ke Anak Bisa Merusak Mental Lho


ibu5

palingseru.com – Sebagai orangtua, hendaklah mengajarkan dan berucap yang baik kepada anaknya. Terlebih jika anaknya masih berusia belia. Sebab, orangtua menjadi guru di rumah bagi anak. Apabila orangtua memberikan contoh yang tidak baik, maka sang anak juga akan berperilaku seperti itu.

Selain perilaku, perkataan yang diucapkan juga harus dijaga oleh orangtua. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata kasar di depan anak, karena hal semacam ini bisa merusak mentalnya. Meski sedang emosional sekalipun.

Usahakanlah menjaga perkataan di depan anak. Adapun kata-kata yang harus dihindari para orangtua, karena kata-kata ini bisa merusak mental buah hatinya. Berikut ulasannya:

1.”Aduh, masa anak Mama lambat seperti ini, sih.”

Ketika anak mendengar ucapan ini, sang anak langsung merasakan sangat sedih meskipun ungkapan kesedihannya tidak langsung ditunjukkannya.

2.”Malu donk, Tari saja bisa. Masa kamu nggak?”

Perlu diketahui, anak-anak paling tidak suka dibandingkan dengan siapapun. Meski dia terlihat lemah atau sebagainya, tapi dia merasa dirinya tetap hebat. Maka dari itu jangan pernah mengucapkan perkataan ini kepada anak kamu.

3.”Kamu ini anak siapa sih? Mama nggak punya anak seperti ini.”

Jangan pernah sesekali mengucapkan perkataan ini, karena bisa berdampak bahaya. Bisa saja dia langsung berpikir bahwa dia adalah bukan anak kandung kamu, sehingga hal-hal yang tak diinginkan akan terjadi.

4.”Kamu tuh ya, selalu nggak pernah dengarin omongan Mama dan Papa.”

Ucapan seperti ini efeknya lebih menuju ke larangan kepada anak. Akibatnya, sang anak menjadi ragu untuk melakukan sesuatu karena dia merasa setiap perilakunya selalu dikritik orangtuanya.

5.”Dasar anak bandel!”

Ucapan ini bisa berdampak negatif, terlebih sering diucapkan. Bisa-bisa anak bisa menjadi bandel seterusnya. Ingat, ucapan orangtua adalah doa.

6.”Kamu kok jorok sih seperti ayah.”

Jangan sampai anak kamu berpikir dan berperilaku seperti yang diucapkan oleh salah satu orangtuanya.

7.”Kamu diam saja di rumah. Tidak usah ikut.”

Ucapan ini seperti menunjukkan kepada anak kamu bahwa dia sudah tidak sayang lagi. Sehingga mentalnya akan terganggu.

8.”Bukan begitu caranya, sini biar Mama saja yang mengerjakan. Begitu saja kok tidak bisa.”

Jangan pernah mengucapkan perkataan ini, karena membuatnya terbatasi untuk melakukan segala hal. Sebab, kamu selalu tidak mempercayai apa yang dilakukannya.

9.”Jangan cengeng, jangan manja, kamu kan sudah besar.”

Janganlah sesekali mengucapkan perkataan ini. Meskipun mereka sudah besar, bukan berarti mereka tidak bisa menangis atau manja. Jangankan mereka yang masih kecil, orang dewasa saja masih bisa menangis dan manja sama orangtuanya.

10.”Kamu bicara apa sih? Ibu tidak ngerti. Sudah diam saja.”

Ucapan seperti ini yang bisa merusak mental anak. Di sini dia merasa seolah-olah orangtuanya tidak menghargai apa yang dibicarakannya. Hal ini tentu saja bisa menghambat rasa percaya dirinya.


Like it? Share with your friends!