Jarang Diketahui, Ternyata Ini 6 Manfaat Luar Biasa Kaktus Untuk Kesehatan Kamu


kaktus_20160415_214206

palingseru.com – Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbungan family Cactaceae. Kaktus sendiri kini sudah banyak ditanam oleh orang-orang. Karena selain tampilannya yang menarik, tumbuhan yang memiliki duri ini juga mudah dirawat karena tidak harus disiram setiap harinya.

Namun pernahkah kamu ketahui kalau kaktus bisa di makan? Mungkin hal ini sedikit mengejutkan kamu, tetapi inilah faktanya. Di Meksiko, tanaman yang biasa hidup di padang pasir ini digunakan untuk makan. Dan yang mengejutkannya lagi, memakan kaktus ternyata memiliki beberapa manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari TribunSolo.com dari Medical Daily, inilah enam manfaat luar biasa memakan kaktus.

1.Mengurangi Efek Buruk Karena A*****l

Mengonsumsi kaktus dapat mengurangi efek buruk dari a*****l. Hal ini disebabkan kaktus mengandung vitamin C, E, A, zat besi, kalsium, serta karotenoid, yang mampu membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Tak hanya itu kaktus juga bermanfaat sebagai anti-oksidan, dan bahkan mengandung flavonoid dan fenolik.

2.Menurunkan Kolesterol

Bagi kamu yang selama ini ingin menurunkan kolesterol, kamu dapat mengonsumsi kaktus jenis Nopal (kaktus pir berduri). Mengapa? Karena kaktus jenis ini sangat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol. Hal ini juga dikarenakan kaktus jenis Nopal mengandung serat dan pektin.

3.Menurunkan Gula Darah

Masih sama dengan yang diatas, untuk menurunkan gula darah juga harus menggunakan kaktus jenis Nopal. Mengonsumsi kaktus jenis ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan serat dan pektin yang terdapat di dalam kaktus dapat meminimalkan penyerapan gula dalam perut dan usus, sehingga gula darah terkontrol. Tak hanya itu saja, kaktus juga mampu melindungi hati dari oksidasi dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

4.Menurunkan Berat Badan

Nah, yang ini mungkin kabar gembira bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badannya. Ekstrak kaktus ternyata mampu menurunkan berat badan lho. Hal ini dikarenakan ekstrak kaktus memiliki efek diuretic (mengakibatkan sering kencing).

5.Melindungi Sel Otak

Kaktus jenis Nopal juga dapat melindungi sel otak. Karena kaktus memiliki sifat anti-inflamasi atau mengurangi tanda-tanda dan gejala peradangan. Selain itu, kaktus juga dapat menangkal pembentukan radikal bebas dalam sel-sel otak. Sehingga sel otak akan lebih terlindungi.

6.Menangkal Sel Kanker

Daun kaktus dipercaya memiliki anti-oksidan yang dapat membantu sel-sel sehat dari kerusakan oleh radikal bebas. Selain itu, ekstrak daun kaktus juga mengandung fitokimia. Di mana kandungan ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan ekstrak daun kaktus diantaranya adalah kanker payudara, prostat, usus besar, dan kanker hati.


Like it? Share with your friends!