7 Kebiasaan ini Jika Sering Kamu Lakukan Setelah Makan Bisa Bikin Tubuh Kamu Semakin Gemuk


7-kebiasaan-buruk-setelah-makan-ini-bisa-bikin-badan-semakin-gendut

Palingseru.com – Salah satu penyebab badan menjadi gemuk adalah banyak makan. Memang orang yang banyak makannya pasti memiliki tubuh yang gemuk .

Tak heran jika kebanyakan orang yang melakukan diet untuk menguruskan badan akan mengurangi porsi makannya, bahkan ada yang gak makan nasi sama sekali, dan memilih menjadi vegetarian.

Memang sih, cara terbaik diet sehat itu adalah dengan menjadi vegetarian. Tapi, kamu juga harus tahu bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat tubuh menjadi semakin gemuk.

Mungkin selama ini kamu kurang menyadarinya. Oleh sebab itu, kamu harus simak nih, ada 7 kebiasaan yang sering dilakukan setelah makan yang bisa bikin tubuh semakin gemuk.

Apa saja itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Tidur

Tidur setelah makan bisa membuat tubuh kamu semakin gemuk. Ini karena posisi tidur setelah makan bisa memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Ini juga bisa membuat berat badan menjadi semakin naik. Jadi, usahakan setelah makan minimal 2 jam kamu tidak boleh tidur. Hal ini juga berlaku pada malam hari.

2. Malas-malasan
Malas-malasan setelah makan paling sering dilakukan oleh banyak orang, seperti duduk santai sambil ngobrol bareng keluarga. Padahal, aktivitas ini tidak baik loh untuk pencernaan kamu. Malah bisa menjadikan berat badan kamu semakin meningkat. Ada baiknya jika kamu jalan-jalan santai dulu selama 15-20 menit setelah makan.
3. Melonggarkan ikat pinggang
Melonggarkan ikat pinggang saat makan juga bisa membuat tubuh semakin gemuk. Sebaiknya kamu jangan langsung mengendurkan ikat pinggang setelah makan. Biarkan ikat pinggang tetap terik di perut kamu.

4. Mandi
Mandi setelah makan adalah hal yang dapat menaikan berat badan kamu. Ini karena proses pencernaan dan metabolisme tubuh akan memperlambat dan menurunkan suhu tubuh sehingga bisa berakibat pada proses pencernaan yang melambat. Sebaiknya kamu mandi 2 jam setelah makan atau mandi sebelum makan.
5. Merokok
Merokok setelah makan adalah kebiasaan kebanyakan pria yang sulit dihentikan. Padahal, merokok setelah makan ini sangat tidak baik karena dapat menyebabkan keasaman, membakar hati dan juga membuat berat badan menjadi semakin meningkat.
6.Olahraga berat
Olahraga berat setelah makan juga tidak baik dilakukan. Terutama olahraga yang memicu banyak tenaga dan keringat yang bisa meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh. Tak hanya itu, olahraga berat setelah makan juga bisa menyebabkan sakit perut dan kram.
7. Makan buah
Kebanyakan orang percaya jika makan buah setelah makan adalah hal baik sebagai pencuci mulut. Padahal, yang baiknya malah sebaliknya yaitu makan buah sebelum makan. Makan buah setelah makan bisa membuat perut tidak bisa mencerna buah tersebut, sehingga buah akan terurai dalam perut dan memperlambat proses pencernaan.
Nah, itulah dia ke tujuh kebiasaan  yang sering dilakukan oleh banyak orang setelah makan yang bisa menyebabkan berat badan menjadi naik.

 


Like it? Share with your friends!