Mulai Sekarang Hindari Makan Kepala Ikan, Ini Alasannya


060752800_1461131304-NSK-KerapuTujuhBintang

palingseru.com – Apakah kamu sering memakan kepala ikan? Jika iya, sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, kepala ikan di laut mengandung racun cukup tinggi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan bahwa kepala ikan di laut mengandung racun Ciguatoksin, sebagaimana dikutip Liputan6.com, Rabu (20/4).

Racun Ciguatoksin sendiri berasal dari mikroorganisme laut yang menempel dan tumbuh pada karang mati atau yang disebut dinoflagelata. Ciguatoksin diketahui tak hanya terdapat di kepala ikan, tetapi di bagian organ dalam dan sisik ikan.

Racun berbahaya ini juga tidak hanya terdapat pada ikan laut, namun ikan yang hidup di karang juga. Diantaranya adalah Flowery Grouper, High Fin Grouper, Tiger Grouper, Hump Head Wrasse, Potato Grouper, dan Leopard Coral Grouper (jenis kerapu).

Adapun beberapa saran dari BPOM tentang pencegahan keracunan produk perikanan. Berikut daftarnya:

1.Jangan mengonsumsi produk perikanan terutama ikan yang hidup di karam dalam jumlah banyak.

2.Jangan mengonsumsi produk perikanan yang tidak jelas jenis dan asal-usulnya.

3.Batasi konsumsi ikan karang terutama yang berukuran besar atau diatas tiga kilogram.

4.Hindari mengonsumsi kepala udang, kepala ikan, dan organ dalam produk perikanan karena terdapat penumpukan toksin pada bagian tersebut.

5.Hindari mengonsumsi organ dalam dan sisik ikan karang.

6.Jangan minuman beralkohol dan kacang-kacangan ketika mengonsumsi ikan karang karena dapat meningkatkan keparahan keracunan.

7.Simpanlah produk perikanan pada suhu rendah untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

More From: Sehat