Gara Gara Air Mengandung Kotoran Manusia Ribuan Orang ditempat ini Mendadak Pada Sakit


AIR

Palingseru.com – Pencemaran udara dan lingkungan yang tidak bersih menjadi salah satu penyebar virus penyakit bagi warga yang tinggal ditempat tersebut. Dan kali ini dilaporkan ada sekitar 4.146 orang di Barcelona dan Tarragona, Spanyol, harus mendadak sakit massal akibat air bersih yang dijadikan kebutuhan sehari – hari tercemar kotoran manusia.

Akibatnya , warga disana banyak yang dilarikan ke rumah sakit setelah banyak yang mengalami gejala mual, muntah dan demam.

Departemen kesehatan pemerintah daerah Catalonia mengatakan jika gejala yang dialami warga disana disebabkan akibat mereka minum air dari pendingin air kantor yang ternyata air tersebut mengandung kotoran manusia.

Air tersebut terkontaminasi virus Norovirus yakni virus yang menyerang alat pencernaan menyebabkan infeksi dan mengakibatkan penderita muntah, diare dan sakit perut.

Baca juga : 5 Bakteri Yang Ada di Air Minum

“Ini adalah pertama kalinya di dunia, bahwa norovirus telah ditemukan dalam air kemasan. Cara ini biasanya terjadi pada air keran. Karena, air pembuangan kotoran atau tinja entah bagaimana bisa tercampur dengan air minum. Tapi dalam kasus ini kita berbicara tentang air minum kemasan. Ada proses pengemasannya dan kita tidak tahu di titik mana pencampuran itu terjadi,” kata Albert Bosch, profesor mikrobiologi di University of Barcelona. Ia yang bertanggung jawab menganalisa air yang terkontaminasi, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com (27/4).

Pihak perusahaan itu mengatakan mengemas air terkontaminasi tersebut di Andorra, wilayah kerajaan kecil di pegunungan yang terletak antara Spanyol dan Perancis.

Kini Perusahaan air kemasan Eden Springs sudah menarik kembali produk air yang tercemar kotoran manusia. Tercatat lebih dari 6.150 botol air yang telah didistribusikan di 925 perusahaan untuk upaya pencegahan dalam menanggapi wabah yang baru terjadi.

Lihat juga : 10 Sungai Paling Kotor di Dunia

 

More From: Berita Menarik