Wah, Ternyata ini Fungsi Tersembunyi Dari Kumis Lele, Pasti Kamu Belum Tahu


kumis_ikan_lele_forumsmerdeka

Palingseru.com – Lele merupakan salah satu ikan yang seringkali diternakan. Ini karena ikan lele memiliki harga yang cukup tinggi untuk nilai jualnya. Ikan lele ini seringkali dijadikan santapan yang lezat disuatu restoran atau tempat makan seperti lamongan.

Tapi, tahukah kamu jika  kumis lele itu memiliki fungsi yang cukup hebat loh. Kumis lele dikatakan bisa mendeteksi perubahan kecil kadar pH air.

Hal ini diketahui lewat penelitian yang dilakukan oleh John Caprio, George C. Kent Profesor of Biological Sciences di LSU, dan rekannya dari Kagoshima University Jepang telah mengidentifikasi bahwa ikan lele ini dilengkapi dengan sensor yang dapat menemukan mangsanya dengan mendeteksi perubahan kecil kadar pH air.

Baca juga : Ikan Lele 1 Meter Ditemukan di Selokan Hebohkan Warga Nagnjuk

“Saya menduga respon terjadi karena perubahan pH yang disebabkan oleh beberapa rangsangan,” katanya. “Itu jelas bahwa ada serabut saraf sensorik di ikan ini yang menanggapi fenomena penurunan pH air laut, namun, apa yang saya tidak tahu adalah apa fungsinya,” ujar Caprio.

Selain itu, Caprio juga menemukan fakta tentang fungsi sensitivitas kumis ikan terhadap perubahan kecil kadar pH air adalah karena respirasi cacing laut kecil, polychaetes, mangsa utama dari lele laut.

Cacing laut kecil ini diketahui melepaskan sejumlah kecil karbon dioksida dan asam, dan menghasilkan sedikit penurunan pH air laut yang dideteksi oleh lele laut yang bersifat nokturnal.

“Ikan ini seperti pH meter berjalan. Mereka sama baiknya dengan pH meter komersial di laboratorium,” kata Caprio.

More From: Aneh Unik