Kisah Haru Tukang Sampah Indonesia Yang Mendunia, Seperti Ini Kisahnya


tukang-sampah-indonesia-mengharukan-dunia

palingseru.com – Sebuah kisah pilu datang dari seorang tukang sampah bernama Imam. Kisah ini berhasil menyita perhatian masyarakat dunia dan bahkan sejumlah netizen Tanah Air dibuat terharu.

Begini kisahnya, Imam adalah seorang pria yang berprofesi sebagai tukang sampah di Ibu Kota Jakarta. Dalam setiap hari, Imam selalu mengumpulkan sampah dengan menggunakan sebuah gerobak tua.

Kisah tukang sampah ini ternyata membuat seorang wartawan dari stasiun TV Inggrs BBC2 tertarik untuk meliput perbandingan kehidupan tukang sampah di Indonesia dan Inggris.

Dikutip Tribunnews.com, laporan yang berjudul ‘Toughest Place to be a Binman’ ini juga mendatangkan seorang tukang sampah asal Inggris, Wilbur Ramirez.

Wilbur dan Imam

Dalam liputan tersebut, Wilbur Ramirez mengikuti kegiatan sehari-hari Imam mengumpulkan sampah kota. Saat di jalan, keduanya terlibat percakapan. Imam mengatakan pada Wilbur Ramirez bahwa dirinya sudah terbiasa mengumpulkan sampah sendiri dari rumah ke rumah.

Pernyataan itu langsung membuat Wilbur menitikan air mata. Bagaimana tidak, meskipun sesame tukang sampah, Wilbur masih merasakan nimatnya hidup. Di saat dia bekerja, dia menggunakan truk dan dibantu oleh kedua rekannya.

Sedangkan Imam harus berusaha sendiri dalam mengumpulkan sampah yang jumlahnya tidak sedikit.

Wilbur kembali dibuat sedih saat dia mengetahui kehidupan keluarga Imam yang tidak pernah merasakan pelayanan kesehatan.

Baginya, hal itu sangat berbeda dengan kehidupan para tukang sampah di negara asalnya, yang masih mendapat fasilitas dan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Hal itu pulalah yang membuat Wilbur terenyuh dan kemudian bernegosiasi dengan ketua RT tempat Imam tinggal untuk menaikan upahnya agar bisa membantu perekonomian Imam.

Bagaimana menurutmu?


Like it? Share with your friends!