Seperti Ini 4 Kasus Pelecehan yang Pernah Dialami Oleh Pramugari


750xauto-deretan-pelecehan-ke-pramugari-ada-yang-sampai-berantem-di-pesawat-160531q

palingseru.com – Banyak orang yang beranggapan bahwa menjadi seorang pramugari adalah hal yang menyenangkan. Karena bisa berinteraksi dengan banyak orang serta bisa menjelajahi banyak kota ataupun negara. Namun faktanya, tidak.

Menjadi seorang pramugari ternyata tidaklah mudah. Belum lagi harus menanggung risiko kecelakaan yang biasa dialami sejumlah pesawat. Kabarnya, baru-baru ini ada seorang pramugari yang mendapat perlakuan tidak enak dari penumpang pesawat.

Di mana dua orang penumpang pria meminta susu ke pramugari tersebut. Tak hanya itu saja, tetapi masih ada juga kasus pelecehan seksual lainnya yang pernah dialami oleh beberapa pramugari.

Dikutip brilio.net, inilah 4 kasus pelecehan seksual yang pernah dialami oleh pramugari.

1.Bercanda minta susu ke pramugari

Seorang pramugari Garuda Indonesia mendapatkan perlakuan yang tidak enak dari dua penumpang pria pada Rabu 25 Mei 2016 lalu, saat pesawat Garuda GA216 dalam penerbangan dari Jakarta menuju Yogyakarta.

Saat itu, sang pramugari berjalan menawarkan minum kepada setiap penumpang. Lalu, tibalah pramugari pada dua orang penumpang pria. Dengan sopan pramugari tersebut bertanya ingin minum apa. Tak disangka, jawaban mereka malah tidak senonoh. Salah satu penumpang tersebut mengatakan ingin meminum susu dan pria yang kedua melanjutkan dengan berkata susu kanan apa kiri.

Tak terima dengan ucapan tersebut, pramugari itu pun langsung melaporkannya kepada Captain dan Flight Service Manager (FSM/purser) yang bertugas. Setelah pesawat mendarat, petugas Avsec (Aviation Security-keamanan penerbangan yang ada di bandara) dan tim Garuda Indonesia di Yogyakarta, menghentikan dua pria tersebut.

Meski sempat memanas, tapi untungnya permasalah ini bisa diselesaikan dengan damai. Kedua pelaku pelecehan itu langsung meminta maaf atas tindakannya itu kepada pramugari tersebut.

2.Nyaris diperkosa pemain bola

Seorang pramugari Lion Air berinisial LS (19), nyaris menjadi korban pemerkosaan pemain bola Sriwijaya Football Club (SFC), Palembang, Hilton Moreira. Kala itu atau tepatnya pada 22 Februari 2012, LS terkejut saat melihat di kamar ada seorang pria berkulit hitam. Meski Hilton mengaku tidak melakukan hal tersebut, namun dia ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus ini. Kejadian ini sendiri terjadi saat pesta di kamar apartemen milik LS di Apartemen The Colour Modernland, Cikokol, Kota Tangerang.

3.Dilecehkan saat tes

Kasus pelecehan yang pernah dialami pramugari berikutnya adalah dilecehkan saat tes. Calon awak kabin yang lolos tes tertulis harus menjalani proses wawancara dan menjalani tes fisik serta medis. Selama pemeriksaan, calon awak kabin asal Korea mengaku diperintahkan melepaskan semua pakaiannya, kecuali pakaian dalam dan kemudian berbaring di atas meja.

Saat itu, seorang dokterberusia separuh baya disebut-sebut telah meraba payudara calon pramugari dengan alasan memeriksa apakah payudaranya ada implan atau tidak. Karena jik ada hal itu akan membahayakan si pramugari ketika bertugas.

Setelah kejadian itu, para awak kabin langsung mengajukan komplain karena prosedurnya dinilai tidak nyaman dan memalukan.

Namun saat dikonfirmasi, pihak Garuda Indonedia di korea, Park Seung-hyun membantah soal ini.

“Ketika para kandidat berbaring di meja pemeriksaan, tubuh mereka ditutupi selimut. Perusahaan telah terlebih dahulu meminta persetujuan mereka,” katanya.

4.Pelecehan oleh sesama awak kabin

Maskapai penerbangan Air India dikabarkan mengalami keributan antara pilot dan awak kabinnya saat penerbangan dari Sharjah (Uni Emirat Arab) menuju New Delhi (India), pada 2009 silam. Saking besarnya keributan, pesawat tersebut sampai oleng. Setelah diselidiki, perkelahian itu terjadi karena adanya tuduhan upaya pelecehan seksual dari seorang pramugari kepada seorang pilot.


Like it? Share with your friends!