Wah Ternyata di Zaman Rasulullah Dulu Ternyata Gak ada Imsak. Ini Alasannya


di-zaman-rasulullah-tidak-ada-imsak-ini-arti-imsak-sebenarnya

Palingseru.com – Tahukah kamu jika di zaman Rasulullah SAW dulu, menjalankan ibadah sahur itu tidak ada batasan waktu imsak. Berbeda dengan zaman modern seperti sekarang ini , semua ibadah yang dilakukan di bulan suci Ramadhan punya batasan waktu tersendiri terutama ketika sahur yang dibatasi dengan waktu imsak.

Dan tahukah kamu apa alasannya kok di zaman Rasulullah SAW tidak ada waktu imsak ?

Berdasarkan penjelasan dari Mohammad Rois melalui pesan elektronik mengatakan jika di zaman Rasulullah istilah imsak tidak dikenal.

Baca juga : Jadwal Imsakiyah 2014 Puasa Ramadhan 1435 H

“Di zaman Rasulullah istilah imsak tidak dikenal. Habib Hasan bin Ahmad bin Salim al-Kaf menyatakan imsak (menahan) dari makanan dan minum dalam sahur itu hukumnya sunah sebelum fajar, kira-kira sepadan dengan waktunya yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat, yaitu sekitar lima belas menit,” kata Mohammad Rois melalui pesan elektronik, Kamis (9/7).

Dan di zaman Rasulullah SAW, memang banyak orang tak mengenal imsak . Akan tetapi mereka punya tradisi sendiri menahan sahur sebelum berpuasa di pagi hari seperti yang dijabarkan Anas ra. Saat itu Rasulullah tidak makan sahur lagi sampai azan subuh berkumandang.

“Kami telah makan sahur bersama junjungan Nabi SAW. Kemudian baginda bangun mengerjakan salat. Anas bertanya kepada Zaid berapa lama antara azan subuh dan makan zahur, Zaid menjawab sepadan dengan membaca 50 ayat. Apabila diperdengarkan imsak diharapkan kita telah berhenti bersantap sahur dan menunggu masuk subuh dengan membaca Alquran sesuai tuntunan Rasulullah,” pungkas Ustaz Rois lagi, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (7/6).

Tapi kini bukan zaman Rasulullah lagi ya, puasa umat muslim di dunia kini lebih berpedoman terhadap hilal maka dibuatlah jadwal puasa Ramadhan.

Lihat juga : Aplikasi Android Untuk Jadwal Imsakiyah Selama Puasa Ramadhan

 

More From: Taukah Kamu