Ini Dia 10 Penyakit Paling Mengerikan Sepanjang Masa. Yang Takut Jangan Lihat Ya


10

Palingseru.com  – Dari sekian banyak penyakit yang ada di dunia, ada penyakit yang paling mengerikan sepanjang masa. Sejarah mencatat ada sekitat 10 penyakit yang terlihat sangat menakutkan di dunia.

Ada yang pipi membusuk, pertumbuhan jamur yang mengerikan, bahkan sampai tulang yang tumbuh secara tidak beraturan.

Mau tau seperti apa ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.

Baca juga : 5 Wabah Penyakit Aneh Paling Mengerikan

1. Noma (cancrum oris)

1

Penyakit ini bukanlah adegan film horor, tapi ini kenyataan. Penyakit ini bermula dari munculnya luka terbuka pada permukaan kulit (ulkus) yang terbentuk pada mulut. Kemudian perlahan-lahan menggerogoti daging sampai gigi dan tulang rahang penderita terlihat.

Penyakit ini disebut dengan Noma, yang sudah membunuh 90 persen anak-anak miskin di Asia dan Afrika. Penyebabnya adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

2. Emycetoma atau Madura’s foot

2

Emycetoma atau yang sering disebut sebgaai Madura’s foot ini adalah penyakit yang disebabkan infeksi jamur yang ditemukan di kaki. Pasien yang terkena penyakit ini akan mengalami pembengkakan pada kaki yang diikuti dengan keluarnya nanah dan jamur akan menyebar hingga menyebabkan kerusakan serius pada kaki hingga pasien sulit berjalan. Penyakit ini sempat endemik di Afrika, India, Amerika Tengah dan Selatan.

3. Complex Regional Pain Syndrome (CRPS)

3

CRPS merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya sakit parah seperti kekurangan tenaga. Hal ini terjadi karena kerusakan sistem saraf dan sistem saraf pusat.

Penderita CRPS ini akan merasakan tubuhnya terbakar dan mengalami rasa nyeri yang menusuk-nusuk, mati rasa, bengkak nyeri sendi dan insomnia.

4. Leprosy (kusta)

4

Penyakit kusta telah ada selama ribuan tahun di dunia, dan ada hingga sekarang. Penyakit ini adalah infeksi menular yang menyebabkan peradangan di kulit, mata, saraf dan saluran pernafasan. penyebab penyakit ini karena paparan bakteri yang di sebut Mycobacterium. Namun penyakit ini tidak menular.

5. Cacing Filaria (Loa Loa Worm)

5

Cacing Filaria adalah cacing yang memiliki kemampuan hidup didalam mata. Cacing Filaria ini  sudah menyebabkan 200 juta orang didunia menjadi buta. Tak hanya mata, cacing ini juga bisa masuk ke bagian tubuh lain, biasanya bisa menyebabkan seperti kaki gajah.

6. Vibrio Vulnificus

6

Vibrio Vulnificus merupakan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi parah pada tubuh. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui makan kerang mentah, luka yang terbuka dan juga sengatan ubur-ubur. Jika terkena bakteri ini bisa menyebabkan gejala seperti muntah, diare intens, dermatitis dan sakit perut parah. Jika tidak diatasi segera, maka bakteri ini bisa membunuh manusia.

7. PICA

7

PICA adalah kelainan yang membuat penderitanya tidak mau makan seperti orang normalnya. Penderita hanya akan mau makan kertas, kayu, dan bahan bangunan. Penyakit ini sudah ada sejak sastra Yunani dan Romawi yang termasuk penyakit cacat mental.

8. Fibrodyplasica Ossificans Progressiva (FOP)

8

FOP termasuk salah satu penyakit paling langka di dunia dan sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penderita penyakit ini. FOP ini adalah penyakit yang akan membuat sistem perbaikan jaringan tubuh berhenti bekerja dan mengubah fungsi otot yang rusak, tendon dan jaringan menjadi tulang. Penderita FOP ini tidak akan bisa menggerakan anggota tubuhnya kecuali bibir.

9. Clarkson Disease (SYSTEMIC CAPILLARY LEAK SYNDROME – SCLS)

9

Clarkson Disease ini adalah penyakit yang dikarenakan pembuluh darah mengalami kebocoran. Akibatnya membuat tubuh penderita menjadi bengkak seperti balon.  Penderita penyakit ini tidak akan pernah bisa hidup, karena dalam waktu singkat saja organ-organ vital akan mengalami kerusakan hingga akhirnya meninggal dunia.

10. Elephant Man Syndrome

10

Penyakit paling mengerikan yang terakhir adalah Elephant Man Syndrome. Di mana ini pernah dialami oleh seorang pria bernama Joseph Merrick pada tahun 1862.  Saat lahir Joseph dalam keadaan normal. Namun, setelah tumbuh semakin besar, Joseph mulai mengalami masalah seperti tekstur kulitnya seperti gajah, kedua kakinya membengkak dan lengannya tumbuh tidak proporsional.

Ternyata setelah diteliti, penyakit  yang diderita Joseph ini disebabkan trauma sang ibu atau ketakutan sang ibu pada gajah pada waktu hamil hingga sang ibu stres dan mempengaruhi perkembangan bayinya yang belum lahir.

Itulah dia ke sepuluh penyakit yang paling mengerikan di dunia.

 


Like it? Share with your friends!