Selama Ini Banyak Orang Salah Kaprah Memahami Takjil. Ternyata Takjil Itu Artinya…


takjil pks

Palingseru.com – Memasuki bulan Ramadan ini tak heran jika banyak orang yang sering sibuk untuk menyediakan takjil atau membeli takjil. Banyak orang mengira jika takjil itu sebuah makanan untuk berbuka puasa.

Itulah kenapa jika sesekali orang bertanya mau beli takjil apa ? ada orang yang menjawab mau beli takjil seperti gorengan dan roti manis.

Ini artinya mayoritas orang menganggap jika takjil diibaratkan sebuah makanan lezat untuk buka puasa.  Dari sinilah banyak orang yang salah kaprah dengan arti takjil.  Padahal dalam sebuah hadist , kata Takjil itu bukan berarti makanan lho.

Loh kok Takjil bukan makanan ! terus apa makna Ta’jil yg sebenarnya ?

Baca juga : 5 Hal ini Pasti Membuat Rindu Kamu di Bulan Puasa Ramadhan Semasa Kecil

Dilansir dari Merdeka.com (15/6),  ada sedikit kajian yang perlu kamu tahu tentang makna takjil yang sebenarnya. 

Dalam kajian yang diambil dari hadist Nabi : “La yazalunn asu bikhairin ma ‘ajjaluuhul fithra, kata takjil / ta’jil (تعجيل) artinya adalah “bersegera”.

Artinya: Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka (puasa). (HR. Muttafaq alaih). Makna takjil menurut ilmu bahasa arab ialah “penyegeraan, bersegera, percepatan”.

Sebuah kata dasar dari ajjala, yu’ajjilu artinya menyegerakan, mempercepat.

Ta’jilul fitri = menyegerakan berbuka (puasa).

Dari kajian tersebiut bisa dilihat jika ternyata kata takjil tidak ada hubungannya sama sekali dengan makanan. Bahkan dalam kamus sendiri dituliskan kata Takjil artinya “Mempercepat” berbuka puasa saat tiba waktunya.

Nah, jika misalnya ada orang yang sudah tahu dengan kata takjil dan sementara kamu menanyakan ke dia berbuka dengan takjil apa ? Jangan merasa tidak nyambung jika si dia malah merasa aneh dengan pertanyaan kamu ya hehehe.

Lihat juga :  Wow!! Masjid di Jogja ini Menyiapkan 1500 takjil Menggunakan Piring. Ini Alasan Mereka Melakukannya


Like it? Share with your friends!