Wow Ikan Lele Ini Bentuknya Aneh Banget dan Gak Memiliki Mata


025419700_1466389163-bilndcat

Palingseru.com – Media sosial baru – baru ini sedang dihebohkan dengan seekor lele yang punya bentuk aneh yakni tidak memiliki mata. Ikan lele yang tak memiliki mata atau biasa disebut blindcat fish ditemukan di sebuah gua di Texas, Amerika Serikat.

Kehebohan ikan lele ini bermula ketika salah satu ilmuwan menemukan ikan tersebut dan akan di bawa ke Kebun Binatang San Antonio untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Di kebun binatang ini dilengkapi dengan sebuah laboratorium yang didesain untuk kehidupan gua. Lokasi tersebut merupakan tempat khusus untuk penempatan spesies langka.

Dan ikan lele yang punya bentuk aneh ini memang memiliki ciri – ciri yang bikin banyak orang heran. Jika biasanya ikan lele berwarna hitam yang kali ini ikan lelenya berwarna putih semu merah muda.

Baca juga : Ikan Lele ini Bisa Jalan Setelah 8 bulan Hidup di Darat

Ikan lele ini pertama kali ditemukan di sebuah gua kapur di Amistad National Recreation Area di dekat Del Rio, Texas selatan oleh tim peneliti pada Mei 2016 dan dilaporkan minggu ini oleh University of Texas Austin.

Ikan lele ini berbentuk kecil memiliki ukuran 7,6 sentimeter tersebut diidentifikasi sebagai Mexican blindcat. Seorang ahli ikhtiologi–ilmu yang mempelajari tentang ikan, Dean Hendrickson mengatakan jika ikan lele tersebut tak punya mata.

“Sejak 1960 tersebar rumor adanya ikan lele berwana putih yang tak memiliki mata, namun penemuan kali ini mengonfirmasi hal tersebut. Aku telah melihat hewan ini lebih banyak dari orang lain, dan spesimen tersebut tampak seperti ikan yang berasal dari Meksiko,” kata Dean Hendrickson.

Sebelum penemuan tersebut, ikan tanpa mata itu dikabarkan hanya hidup di utara Rio Grande. Hal ini diungkapkan oleh seorang petugas taman nasional dan penjelajah gua bernama Jack Johnson yang mengaku telah melihat beberapa ikan aneh dan bergerak lamban. Hewan yang ditemukan di gua Amistad tersebut memiliki kulit transparan sehingga aliran darahnya dapat terlihat.

Akhirnya, Johson dan ahli biologi Peter Sprouse dari Zara Environmental, menemukan ikan tersebut di sistem gua.

Setelah penelitian itu dilakukan , terungkap bagaimana ikan lele ini bisa bergerak dengan tubuh tak punya mata ?

Dalam penelitian tersebut di dapatkan hasil jika ikan tersebut mengandalkan pendengaran yang sensitif, sentuhan, dan indra perasa untuk memakan serangga dan udang berukuran kecil.

Menurut catatan penelitian , ikan Mexican blindcat pertama kali didokumentasikan pada 1954, setelah ilmuwan menemukanya sedang berenang di sebuah sumur gelap dan mata air di Meksiko utara. Ikan tersebut diduga memiliki kulit sensitif yang dapat mendeteksi bahan organik sebagai makanan.

Wah menarik ya…

Lihat juga : Ikan Lele 1 Meter Ditemukan di Selokan Hebohkan Warga Nagnjuk

 

More From: Aneh Unik