4 Aksi Pencurian Ikan yang dilakukan kapal China ini Bikin Dunia Geram Melihatnya


1

Palingseru.com – Belum lama ini , China dikabarkan telah melakukan aksi pencurian ikan yang membuat publik geram. Aksi pencurian ikan tersebut dilakukan oleh sejumlah kapal China. Seperti yang terjadi pada Jumat (17/6) lalu, pukul 04.25 WIB, patroli TNI Angkatan Laut memergoki 12 kapal ikan asing di kawasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Natuna.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi menyatakan belasan kapal ikan asing tersebut diyakini TNI sedang melempar jaring untuk mencuri ikan. Kapal KRI Imam Bonjol akhirnya dikerahkan untuk menangkap mereka. Belakangan diketahui kapal yang diburu itu adalah kapal nelayan berbendera China, Han Tan Cou 19038.

Dan tak hanya ini saja, ada beberapa aksi pencurian ikan yang dilakukan kapal China dan bikin geram dunia. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya :

1. Afrika Selatan Tangkap 96 Nelayan China Curi Cumi – cumi 600 Ton

1

Salah satu pencurian yang dilakukan oleh nelayan China yakni berlangsung di antai sebelah tenggara East London. Aksi tersebut berhasil terungkap ketika Aparat Afrika Selatan berhasil menangkap hampir seratus nelayan China telah melakukan penangkapan ikan secara ilegal . Bahkan Angkatan Laut Afrika Selatan melihat tiga kapal nelayan China di lepas pantai sebelah tenggara East London.

2. Kapal Penjaga Pantai Argentina Pertengahan Maret Lalu Menenggelamkan Sebuah Kapal Nelayan China yang dilaporkan menangkap Ikan secara Ilegal

2

Sebuah kapal penjaga pantai Argentina dikabarkan telah menenggelamkan kapal Lu Yan Yuan Yu 010 akibat kapal dari negeri Tirai Bambu ini berusaha memadamkan lampu dan dengan sengaja mencoba menabrak kapal penjaga pantai setelah diberi tembakan peringatan.

Peristiwa itu membuat sebagian anak buah kapal (ABK) sengaja meninggalkan kapalnya demi menyelamatkan diri . Beruntung pada saat itu aparat Argentina dan sisanya berhasil menyelamatkan anak kapal China itu.

3. Kapal Filiphina tangkap Sepuluh Nelayan China

3

Aksi pencurian ikan oleh kapal China yang membuat publik geram juga salah satunya pencurian ikan yang terjadi i Laut China Selatan. Peristiwa itu terjadi ketika dua kapal penjaga pantai Filipina mencegat kapal nelayan China berawak sepuluh orang di sebelah timur laut Pulau Luzon setelah dua jam saling berkejaran pada akhir bulan lalu.

Menurut Letnan Jeffrey Clollado mengatakan kepada stasiun televisi ABS-CBN dan GMA, kapal China itu memasang bendera Filipina dan mencoba kabur setelah sebelumnya ingin menabrak kapal penjaga pantai Filipina.

4. Dalam Lima Bulan 520 Kali Kapal China Masuk Perairan Korea Selatan

4

Dan yang terakhir , ulah kapal China dalam aksi pencurian ikan terjadi ketika Militer Korea Selatan terus melanjutkan operasi patroli di perairan China.

Aksi patroli itu dilakukan untuk menghentikan pencurian ikan oleh kapal nelayan China dimana dalam lima bulan terakhir sudah 520 kali militer Korsel mendeteksi kapal nelayan China yang berhasil melakukan pencurian ikan.

Nah, itulah dia keempat aksi kapal China dalam pencurian ikan.

Lihat juga : 5 Kekuatan Besar Milik China di Laut China Selatan ini Bikin Amerika Segan

 


Like it? Share with your friends!