Ini Dia 6 Spesies Nyamuk Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Sampai Kamu Digigitnya


2530

palingseru.com – Nyamuk dianggap sebagai musuhnya manusia. Wajar saja, binatang penghisap darah ini selalu meninggalkan bekas gatal dan sakit. Tak hanya itu, nyamuk juga bisa membawa penyakit mematikan. Namun tahukah kamu bahwa nyamuk memiliki spesies hingga 3.000?

Ya, selama ini kita mungkin hanya mengetahui beberapa spesies saja. Tetapi diantara spesies sebanyak itu, ada beberapa spesies yang tercatat sebagai nyamuk paling berbahaya di dunia. Mau tahu apa saja?

Berikut 6 spesies nyamuk paling berbahaya di dunia, dilansir laman Suara.com.

1.Aedes Aegypti

aedes-aegypti

Spesie yang pertama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Nyamuk Aedes Aegypti ini memang terkenal berbahayanya. Bayangkan, satu gigitannya saja bisa menyebabkan seseorang terkena demam berdarah, demam kuning hingga zika. Namun untuk membasmi nyamuk ini tidaklah mudah karena nyamuk ini dikenal sangat lincah.

2.Aedes Albopictus

aedes-albopictus

Masih keluarga Aedes, nyamuk ini juga dikenal dengan nama nyamuk harimau Asia. Hal ini dikarenakan ukurannya lebih besar dan memiliki garis belang-belang putih yang terdapat pada bagian tubuh dan kakinya. Nyamuk ini lebih berbahaya dari A. aegypti, karena nyamuk ini bisa menyebar virus chikungunya, west nile, dan encephalitis. Itulah kenapa spesies ini dianggap paling berbahaya.

3.Culex Pipiens

culex-pipiens

Berikutnya spesies nyamuk Culex Pipiens. Nyamuk ini sering mengeluarkan suara desing yang cukup kuat. Nyamuk ini sangat senang tinggal di rumah manusia, apalagi yang ada wadah-wadah yang berisi air. Culex Pipiens ini bisa menyebarkan virus west nile, penyakit mirip flu yang bisa menyebabkan komplikasi saraf permanen dan bahkan kematian.

4.Culex Tarsalis

culex-tarsalis

Berbeda dengan Culex Pipiens, Culex Tarsalis justru senang hidup di kebun dan area persawahan. Spesies nyamuk ini biasanya bersarang di air kotor, terutama saluran irigasi yang ada di sawah. Untuk itu, jika kamu ingin pergi ke kebun atau sawah, pastikan kamu memakai baju dan celana panjang guna menghindari gigitan nyamuk ini.

5.Anopheles Quadrimaculatus

anopheles2

Anopheles Quadrimaculatus memiliki corong mulut yang panjang atau yang disebut palpi, tubuhnya juga berwarna coklat tua. Spesies nyamuk ini dianggap paling berbahaya karena bisa menyebar penyakit malaria paling utama di dunia.

6.Anopheles Freeborni

anopheles

Karakteristik utama spesies nyamuk ini adalah warna hitam di bagian sayapnya. Ketika terbang, nyamuk ini akan melipat perutnya. Sepsis nyamuk ini tidak akan berhenti menghisap darah manusia sebelum perutnya penuh, yang ditandai dengan warna kemerahan.


Like it? Share with your friends!