Bocah Ini Beratnya Mencapai 189,5 Kg, Ternyata Ini Makanan yang Paling Sering Ia Makan


1551395IMG-20160711-132316-1468218269966780x390

palingseru.com – Arya Permana, seorang bocah yang masih berusia 10 tahun yang sudah memiliki bobot tubuh hingga 189,5 kilogram.

Ayah Arya, Ade mengaku bahwa anaknya terlahir dengan berat badan normal yaitu 3,8 kilogram. Namun di saat anaknya menginjak usia 4 ke 5 tahun, pertumbuhannya cukup drastis. Pertumbuhan itu semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

“Pada umur 8 ke 10, naik 72 kg,” katanya dalam konferensi pers di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/7/2016).

Lantas, apa yang menyebabkan berat badan Arya bisa sebesar ini?

Dikutip Kompas.com, Ade mengungkapkan bahwa berat badannya anaknya bisa sebesar itu karena sering mengonsumsi mi instan dan minuman manis.

“Dalam sehari, anak saya bisa menghabiskan sampai 2 bungkus mi instan dan 20 kotak minuman manis. Kalau kemauannya nggak dipenuhi, dia bakalan menangis bahkan berguling-guling,” ujar Ade.

“Kalau masih lapar, biasanya dikasih pisang dan apel merah. Bisa 6 pisang dan 3 apel,” tambahnya.

Akibat pola makan buruk ini, Arya terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena ia menderita severe obesity.

“Karena keluhannya, Arya sempat dibawa berobat ke puskesmas setempat dan disarankan untuk diet. Namun, karena tidak ada perbaikan kondisi, Arya dirujuk ke RSHS oleh Kadinkes (Karawang),” kata Ketua Tim Penanganan Pasien Arya, dr Julistyo TB Djais, SpA(K).

Dengan bobot sedemikian besar, bocah tersebut hanya mampu berjalan beberapa kilometer saja. Tak hanya itu, ia juga kesulitan berdiri dan berpakaian sendiri.

“Arya hanya mempu berjalan sejauh 30 meter. Ia juga sulit berdiri, berjalan, dan berpakaian sendiri. Tidurnya pun hanya bisa telungkup,” tutur Julistyo.


Like it? Share with your friends!