Ini Dia 5 Spesies Mahluk Hidup Tertua yang Pernah Ditemukan di Bumi


5-spesies-makhluk-hidup-yang-pernah-ditemukan-di-bumi

palingseru.com – Apakah kamu suka dengan film dinosaurus? Jika iya, kamu pasti tau donk makhluk apa saja yang ada di dalam film tersebut. Ya, paus dan komodo. Kedua spesies makhluk hidup ini ternyata juga hidup di era dinosaurus.

Namun usia kedua spesies ini masih tergolong muda. Tercatat, ada beberapa spesies makhluk hidup yang memiliki usia lebih tua dari mereka dan bahkan beberapa diantara makhluk hidup ini sudah muncul sebelum adanya kehidupan di Bumi.

Makhluk apa sajakah itu? Berikut 5 spesies makhluk hidup tertua yang pernah ditemukan di Bumi, seperti dilansir Suara.com:

1.Cyanobacteria

cyanobacteria

Makhluk hidup pertama yang pernah ditemukan di Bumi adalah Cyanobacteria. Para peneliti percaya bahwa Cyanoacteria adalah makhluk hidup pertama yang hidup di Bumi. Penelitian ini dibuktikan dengan penemuan jejak fosil yang berusia 3,8 miliar tahun.

Di masa saat ini, kelompok bakteri ini memiliki peran sangat penting di Bumi. Sebab, makhluk hidup ini termasuk dalam rantai ekosistem makhluk hidup di Bumi. Adapun beberapa tempat kehidupan makhluk ini, diantaranya adalah laut, perairan tawar, di permukaan batu dan tanah.

2.Sponge (Porifera)

sponge

Sponge atau yang biasa disebut hewan berpori ini adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Fosil Sponge tertua yang pernah ditemukan adalah berusia sekitar 540 juta tahun di sebuah batu di Australia.

3.Jellyfish (Ubur-ubur)

jellyfish

Makhluk hidup yang berikut ini mungkin sudah tidak begitu asing bagi mata masyarakat. Sebab, makhluk hidup ini bisa ditemukan hampir di semua lautan dunia. Tercatat ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur di dunia. Namun diantara sebanyak itu, ada salah satu jenis ubur-ubur yang terkenal sangat mematikan. Yaitu ubur-ubur Irukandji.

Ubur-ubur jenis ini memiliki tubuh yang cukup kecil dan hidup di sekitar pantasi Australia. Hewan ini diketahui memiliki usia yang sangat tua. Diperkirakan usianya mencapai 505 juta tahun.

4.Nautilus

nautilius

Berbeda dengan makhluk hidup lainnya, fosil Nautilus ini justru lebih mudah ditemukan. Biasanya fosil makhluk ini ada di sekitar bebatuan. Fosil dari makhluk hidup ini adalah sekitar 500 juta tahun.

Menurut para ahli, di era dinosaurus, makhluk hidup ini memiliki beragam jenis. Namun kini hanya tersisa jenis cephalopoda atau cumi-cumi saja.

5.Hoseshoe (Belangas)

belangas

Terakhir, makhluk hidup bernama Hoseshoe atau yang biasa dikenal dengan sebutan belangas. Makhluk hidup ini dipercaya telah ada sejak periode Ordovician atau periode Paleozoikum.

Menurut para ahli, horseshoe ini jauh lebih mendekati keluarga kalajengking dibandingkan keluarga dari kepiting. Para ahli menyimpulkan bahwa usia hewan ini lebih tua daripada dinosaurus tertua. Di zaman saat ini, hewan ini sudah menjadi santapan manusia karena rasa dagingnya yang begitu nikmat.


Like it? Share with your friends!