Tentara Turki tak Tau Jika Mereka Sedang Melakukan kudeta, Dikira Sedang Melakukan Latihan


tentara-turki-ditangkap-warga_20160716_180007

Palingseru.com – Pemerintah Turki belum lama ini telah berhasil menangkap sekitar  3.000 tentara yang sebelumnya berupaya mendongkel kekuasaan Erdogan . Dan upaya tersebut pun berhasil digagalkan walaupun mereka tak tahu jika para militer itu sebenarnya sedang melakukan kudeta.

Sejumlah tentara yang ditangkap atas tuduhan kudeta mengaku jika mereka baru sadar apa yang terjadi saat dihadang masyarakat yang menolak kudeta. Sebelumnya, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim melaporkan bahwa sebanyak 2.893 prajurit dan perwira telah ditahan atas dugaan upaya kudeta.

Baca juga : 4 Jendral Turki Ini Siap Gempur Rusia Jika Terjadi Perang

Salah seorang tentara Turki mengatakan jika dirinya baru sadar akan upaya sekelompok militer untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Turki Recep Tayyip itu ketika banyak orang naik ke atas tank.

“Saat orang mulai naik ke atas tank, kami baru mulai memahami semuanya,” ujarnya.

Serangan tersebut bermula ketika para sekutu dari Gulen dan Presiden Recep Tayyip Erdogan memiliki beda pandangan. Hingga pada akhirnya , Erdogan mencurigai Gulen akan mendongkelnya dari kekuasaan.

Dan kini diketahui sebanyak 678 tentara dan 10 perwira yang dipimpin seorang kolonel juga ditahan saat berusaha menguasai Bandara Internasional Ataturk. Bahkan ada 265 orang tewas dalam upaya kudeta yang digagalkan dalam semalam itu, termasuk 104 pendukung kudeta. Adapun 1.440 orang terluka di ibu kota Ankara dan Istanbul.

Lihat juga : 5 Pembelaan Turki Setelah Tembak Jatuh Pesawat Sukhoi Rusia

 


Like it? Share with your friends!