Terungkap Ini 5 Fungsi Lain dari Kamera Ponsel. Pasti Kamu Gak Menduganya


5-fungsi-lain-dari-kamera-ponsel_20160725_092713

Palingseru.com – Kamera merupakan salah satu alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Semua orang membutuhkan kamera untuk mengabadikan moment-moment tertentu .

Tapi, apakah kamu tahu sebenarnya kamera itu memiliki fungsi lain selain untuk mengabadikan sebuah gambar. Fungsi lain dari kamera ini memang jarang diketahui.

Pasti kamu gak bakal menduganya jika kamu tahu sebenarnya fungsi kamera itu juga bisa untuk lima hal ini. Mau tau apa saja ? Yuk, kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

Baca juga : Kamu Pernah Lihat Lubang Kecil di Antara Kamera dan Lampu Flash, Ternyata ini Lho Fungsinya

1. Menerjemahkan bahasa asing

Menerjemahkan bahasa asing adalah salah satu fungsi dari kamera ponsel. Sebagai contoh kamu ingin mengartikan bahasa Tiongkok, Jepang, Korea atau pun Arab yang tak menggunakan alfabet.

Kamu bisa menggunakan Google translate yang kini sudah dilengkapi dengan kamera untuk membidik suatu tulisang asing.  Ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna iOS dan Android tentunya.

2. Pemindaian

Kamera ponsel juga bisa digunakan untuk pemindaian. Kamu tak perlu lagi memiliki perangkat scanner, karena hanya dengan kamera ponsel saja kamu sudah bisa melakukan pemindaian suatu dokumen dan menyimpannya dalam format-format tertentu, contohnya PDF.

Untuk iOS ada semacam aplikasi Scannable dan untuk Android adalah Google Drive. Kamu tak perlu khawatir hasilnya tidak rapi, karena kamera dapat memperbaiki posisi pemindaian sehingga hasilnya terlihat sangat rapi.

3. Scan Barcode

Kamera ponsel juga dapat digunakan untuk membaca barcode yang sering tercantum di beberapa barang. Sehingga kamu bisa tahu nama barang serta harga barang dengan menggunakan kamera ponsel. Saat ini sudah banyak aplikasi barcode scanner untuk piranti Android serta iPhone.

4. Scanner darurat

Kamu bisa menggunakan kamera ponsel sebagai scanner darurat. Karena smartphone saat itu sudah bisa menukar  fungsi scanner yang ukurannya besar, dengan kemampuannya untuk memindai dokumen ke dalam format yang di idamkan.

Saat ini kamu tak akan memerlukan printer – fax – scanner yang keberadaannya dapat tergantikan dengan smartphone hingga dapat berikan output dalam gambar atau format PDF.

5. Keperluan realitas tertambah (AR)

Teknologi AR dapat diaplikasikan ke banyak bidang. Salah satunya adalah untuk keperluan mengamati bintang. Kamu tak perlu lagi teleskop berharga mahal untuk mengamati bintang. Cukup dengan menggunakan aplikasi SkyView yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Lewat aplikasi ini kamu bisa mendeteksi gugusan bintang-bintang di langit yang juga disertai dengan penjelasan secara langsung.

 

Nah, itulah dia beberapa fungsi kamera lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

More From: Aneh Unik