Beruntunglah Cewek yang Suka Baca Buku, Hasil Penelitian Ini Pasti Bikin Kamu Senang Mengetahuinya


wanita-baca-buku_20160808_100544 (1)

palingseru.com – Tak sedikit orang beranggapan bahwa membaca buku adalah hal yang membosankan. Namun, siapa sangka kalau hal yang sering dianggap membosankan ini memberikan sejumlah keuntungan luar biasa bagi pembaca tersebut.

Salah satu keuntungannya adalah menambah wawasan dan pengetahuan. Tak hanya itu, keuntungan yang paling baik bagi si pembaca adalah dapat memperpanjang usianya.

Ya, baru-baru ini sebuah penelitian dari Universitas Yale menemukan bahwa seseorang yang gemar membaca buku akan memiliki usia hidup lebih lama dibandingkan orang yang tidak pernah membaca buku sama sekali.

Dikutip TribunnewsBogor.com, penelitian tersebut melibatkan setidaknya 3.635 orang yang sudah berusia 50 tahun atau lebih. Para responden kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Setelah itu barulah peneliti mengamati derajat kesehatan responden sekaligus kebiasaan membacanya.

Dari hasil tersebut, penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang masuk dalam kelompok ‘kutu buku’ rata-rata hidup 2 tahun lebih lama dibanding yang tidak suka membaca buku sama sekali.

“Orang-orang yang melaporkan membaca buku sedikitnya setengah jam sehari mendapat manfaat atas kelangsungan hidup yang cukup signifikan dibanding mereka yang tidak membaca,” kata peneliti dari Universitas Yale, Profesor Becca Levy.

Levy menyebutkan bahwa bacaan tersebut tidak harus seperti novel. Dengan membaca koran ataupun majalah secara rutin juga dapat meningkatkan usia hidup.

Namun sayangnya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science and Medicine ini tidak menjelaskan bagaimana caranya membaca buku bisa memperpanjang usia hidup manusia.

More From: Taukah Kamu