13 Pengakuan Pilot Dan Pramugari Yang Bikin Orang Takut Naik Pesawat


Via : dream.co.id

PalingSeru – Pesawat merupakan salah satu mode transporasi yang banyak digunakan orang untuk berpergian. Bagi mereka yang sudah sering bepergian dengan pesawat terbang mungkin telah terbiasa dengan kondisi yang terjadi selama di dalam penerbangan. Namun lain halnya, dengan mereka yang baru ppertama kali. Pastiny mereka akan merasakan ketakutan yang cukup besar saat duduk di dalam kabin pesawat.

Bahkan banyak orang yang enggan melakukan penerbangan dengan berbagai alasan, misalnya takut kepada ketinggian, khawatir pesawatnya jatuh, dan kecemasan lainnya. Namun, ada saatnya mereka terpaksa menggunakan pesawat terbang karena jarak yang ditempuh sangat jauh. Karena tuntutan pekerjaan itulah membuat mereka terpaksa melakukan perjalanan lewat udara.  

Membahas tentang kecelakaan, secara teknis seseorang sebenarnya lebih aman berada dalam penerbangan daripada dalam mobil biasa. Seperti yang dilansir dari Dream.co.id, Selasa (02/02/2021), berikut  sejumlah pengakuan pilot yang mungkin bisa membuat seseorang enggan dan pikir-pikir lagi sebelum melakukan penerbangan.

1. Perlakuan Semena-Mena terhadap Koper

Via : dream.co.id

Tulisan ” Fragile, Handle With Care”  juga tidak terlalu berdampak. Demikian juga dengan koper yang tidak boleh terbalik dengan tempelan ” This Side Up” . Tidak ada jaminan koper itu tidak pernah dibalik. Sedikit nasihat, untaikan tulisan di koper, ” Saya cinta petugas pelayanan koper” untuk mendapat perlakuan yang lebih baik.

2. Headset Kotor

Via : dream.co.id

Dalam penerbangan komersial, headset yang dibagikan kepada para penumpang untuk hiburan selama penerbangan tidak pernah dibersihkan, walaupun kemudian dibagikan lagi dalam bungkusan rapih. Pada kenyataannya, headset diturunkan setelah selesai penerbangan, lalu ” dibersihkan” dengan cara yang tidak jelas diketahui, lalu dibungkus ulang.

3. Air Kotor di Toilet

Via : dream.co.id

Jangan meminun dan mencuci tangan menggunakan air keran di toilet pesawat.  Tangki air memang dibersihkan sebagai bagian dari perawatan tetap, tapi ada beberapa parasit yang kemudian menjadi kebal dengan zat pembersih pemb**uh kuman.

4. Selimut dan Bantal Tidak Bersih

Via : dream.co.id

Sama seperti headset, selimut dan bantal juga tidak dibersihkan, hanya dilipat ulang dan dibungkus ulang untuk kemudian ditaruh lagi dalam wadah ketika menunggu penerbangan berikut. Jadi, penumpang sebenarnya menaruh kepala pada bantal yang sama yang dipakai penumpang sebelumnya. Begitu juga dengan selimut.

5. Pilot Tertidur Selama Penerbangan

Via : dream.co.id

Tidak jarang pilot tertidur ketika duduk di depan kendali pesawat. Sekitar setengah jumlah pilot mengaku tertidur dan sepertiganya mengaku memergoki rekannya tidur nyenyak. Penerbangan megandalkan sistem otopilot.

6. Pintu Toilet Bisa Dibuka dari Luar

Via : dream.co.id

Selama Anda menggunakan toilet selama penerbangan, orang lain bisa saja menerobos jika mereka berniat.  Tentu saja toilet penerbangan memang bisa dikunci dari dalam, tapi dapat dibuka dari luar.

7. Air Minum Tidak Bersih

Via : dream.co.id

Jangan coba-coba membuat teh, kopi, atau apapun dalam penerbangan karena air minum dalam pesawat memang tidak bersih. Tangki penampungan tidak pernah dibersihkan dan beberapa pesawat terbang ada yang berusia lebih dari 60 tahun. Daki dalam tangki pun bisa setebal beberapa sen**meter.

8. Turbulensi

Via : dream.co.id

Udara yang lebih bergejolak diakibatkan oleh peningkatan suhu di permukaan tanah. Pada siang hari, udaranya lebih panas daripada di pagi hari, sehingga lebih berkemungkinan mengalami guncangan penerbangan. Hujan deras juga lebih mungkin terjadi di siang hari. Jika memungkinkan, pilihlah kursi sedepan mungkin. Kawasan paling terguncang pada pesawat adalah di bagian belakang.

9. Tak Ada Jaminan Keamanan Bayi

Via : dream.co.id

Penerbangan bersama bayi bisa sangat berbahaya. Ada berbagai hal yang dapat terjadi, misalnya hentakan, kehilangan kecepatan, ataupun sejenisnya sehingga orangtua kehilangan pegangan anaknya dan ia bisa terlempar.

10. Perlakuan Terhadap Hewan Peliharaan

Via : dream.co.id

Perusahaan penerbangan mengupayakan yang terbaik untuk penumpangnya, tapi tidak demikian dengan hewan-hewan peliharaan yang dibawa serta. Benar, memang kenyamanan juga diupayakan bagi hewan-hewan peliharaan selama penerbangan, tapi upaya itu lebih terbatas dan hanya bisa diterima begitu saja, misalnya kebisingan di landasan.

11. Tatakan Tidak Dibersihkan

Via : dream.co.id

Seorang mantan pramugari Southwest mengatakan ia lebih sering melihat popok kotor ditinggal di atas tatakan daripada makanan. Dengan demikian, jika kita menyantap makanan yang ditaruh di atas tatakan, bisa saja kita tidak sengaja menelan jejak tinja bayi.

12. Organ Tubuh Manusia dalam Penerbangan

Via : dream.co.id

Ketika menaiki penerbangan domestik, ada saja kemungkinan penerbangan itu membawa jenazah atau organ tubuh manusia. Faktanya, ada saja orang meninggal dunia ketika berada jauh dari kampung halaman. Jasad mereka disimpan dalam kotak kayu selama dalam penerbangan.

13. Pilot Kurang Pengalaman

Via : dream.co.id

Di beberapa negara, ketika sedang berada dalam penerbangan, ada kemungkinan bahwa pilot penanggungjawab penerbangannya adalah seorang subkontraktor yang bisa dibilang sebagai kontraktor independen.


Like it? Share with your friends!