10 Negara Ini Punya Teradisi Unik Saat Merayakan Lebaran


14674253235777222b981c1

Palingseru.com – Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Biasanya di Indonesia akan merayakannya dengan meriah dan melakukan tradisi-tradisi yang biasa dilakukan setiap lebaran, seperti mudik lebaran, makan ketupat dengan opor ayam.

Sebelum lebaran juga tak lupa membuat berbagai macam jenis kue. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah THR nya. Iya Kan ??

Itu terjadi di Tanah Air tercinta ini, tapi bagaimana ya lebaran di negara-negara lainnya. Apakah punya tradisi juga sebelum lebaran atau gimana ?

Nah, kalau kamu ingin tahu berikut ini ada ulasan tentang tradisi unik di sepuluh negara saat merayakan lebaran. Mau tau seperti apa ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir pulsk.com.

Baca juga : Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1437 H

1. Australia 

Meskipun bukan merupakan negara muslim, Australia juga merayakan lebaran dengan cukup meriah. Bebebrapa perusahaan di Australia akan memberikan toleransi kepada karyawan muslim untuk mendapatkan libur pada saat lebaran. Dan umat muslim diperbolehkan untuk memakai jalanan untuk sholat Idul Fitri.

2.  Arab Saudi

Arab Saudi juga merayakan lebaran dengan sangat meriah. Sejumlah pagelaran diadakan seperti teater, baca puisi, parade, dan pertunjukan musik. Arab Saudi punya daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran tradisional.

3. China

Di China masyarakat muslim memiliki tradisi untuk mengunjungi makam leluhur, membersihkan dan mempersembahkan doa di sana. Tradisi doa ini pun dilakukan khusus untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan selama Revolusi Kebudayaan.

4. Turki

Turki memiliki tradisi Festival Gula atau Seker Bayram. Festival ini dilakukan dengan saling mengantarkan manisan di hari raya Idul Fitri.

5. Malaysia

Perayaan lebaran di Malaysia ternyata tak berbeda jauh dengan Di Indonesia. Tradisinya hampir mirip seperti makan ketupat, lemang, lontong, dan rendang. Berziarah ke makam kerabat setelah sholat ID dan jug saling maaf-maafan.

6. Suriname

Penduduk Suriname sebagian besar merupakan keturunan suku Jawa. Sehingga tak heran jika mereka menetapkan hari lebaran berdasarkan  perhitungan mereka sendiri dengan menggunakan prajangka atau perhitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu.

7. Afrika Selatan

Afrika Selatan memiliki tradisi denga berkumpul di Green Point, Cape Town, untuk menyaksikan datangnya hari terakhir Ramadhan bersama kerabat sambil berbuka puasa.  Setelah sholat magrib, mereka akan diumumkan tentang datangnya hari lebaran.

8. India

Penduduk muslim di India, biasanya akan berkumpul di Jama Masjid yang terletak di New Delhi saat melakukan sholat Id. Mereka akan menyiapkan hidangan khusus yang disebut dengan siwaiyaan, yaitu campuran bihun manis dengan buah kering dan susu.

9. Fiji

Di negara Fiji ini memiliki tradisi unik saat merayakan hari lebaran. Setelah sholat Id mereka akan menyantap hidangan spesial has Idul Fitri adalah samai, mi manis yang dicampur dengan susu.  Tapi unikya, hanya kaum pria saja yang boleh datang ke masjid untuk shalat Id.

10. Amerika Serikat

Masyakat muslim di Amerika Serikat juga merayakan lebaran dengan sangat meriah. Masyarakat muslim di Amerika Serikat akan berpakaian warna warni, dan setelah shalat Id, mereka akan mengucapkan Happy Eid atau Eid Mubarak antarsesama jemaah Shalat Id, para kenalan dekat dan kaum kerabat.

Itulah dia tradisi unik di sepuluh negara di dunia saat merayakan hari lebaran. Bagaimana menurut kamu ?

Lihat Juga: Kumpulan Foto DP BBM Ucapan selamat Lebaran Idul Fitri 2016

More From: Aneh Unik