5 Batu Ini Dulunya Adalah Manusia Yang Dikutuk


arca-loro-jonggrang-sleman--indonesia-rev1

Palingseru.com – Seperti kita ketahui bahwa hampir semua objek wisata yang terkenal sejak zaman dahulu pasti memiliki mitos, legenda atau cerita rakyat yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Seperti pada ke lima batu ini yang katanya dulu merupakan manusia yang dikutuk menjadi batu.

Mitos ini memang sulit untuk dipercaya, oleh karena itu beberapa para ahli menentang mitos atau legenda yang diceritakan secara turun temurun masyarakat yang mempercayainya.

Nah, mau tau batu apa saja yang katanya dulu merupakan manusia yang dikutuk? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Bowerman’s Nose, Inggris

bowermans-nose-inggris-rev1

Susunan batu granit kuno yang terletak di Dartmoor, Devon, Inggris ini, merupakan salah satu batu yang katanya merupakan manusia yang dikutuk. Bowerman’s Nose ini diceritakan sebagai seorang pemburu yang tidak sengaja memasuki daerah penyihir yang tengah melakukan ritual. Kemudian, anjing yang ia bawa tersebut menumpahkan kuali penyihir itu, sehingga pemburu yang bernama Bowerman ini pun dikutuk menjadi batu.

2. Three Sisters, Australia

three-sisters-australia-rev1

Three Sisters ini merupakan tiga batu lonjong yang bejejer di Jamison Loire, Blue Mountains, New South Wales, Australia. Batu-batu ini memilii nama masing-masing yaitu Meehni (922 meter), Wimlah (918 meter), dan Gunnedoo (906 meter).  Konon katanya ketiga batu ini merupakan tiga orang saudara yang menjalin hubungan cinta dengan tiga pria bersuku yang  berselisih dengan suku ketiga wanita ini.

3. Arca Loro Jonggrang, Sleman – Indonesia

arca-loro-jonggrang-sleman--indonesia-rev1

Siapa yang tak tahu tentang kisah Arca Loro Jonggrang ini. Cerita atau legenda tentang batu ini merupakan salah satu legenda yang paling terkenal. Batu ini katanya merupakan wujud dari Roro Jonggrang yang merupakan putri dari Prabu Boko. Ia dipinang oleh seorang pangeran yang telah membunuh ayahnya. Karena tak ingin menolak secara langsung, ia pun meminta dibuatkan seribu candi sebagai syarat pernikahan mereka.

4. Batu Malin Kundang – Sumatera Barat – Indonesia

batu-malin-kundang-sumatera-barat--indonesia-rev1

Satu lagi mitos dan legenda yang paling terkenal di Indonesia yaitu Batu Malin Kundang. Cerita Batu Malin Kundang ini bermula pada seorang anak lelaki yang pergi merantau dan meninggalkan ibunya seorang diri di kampung. Kemudian, anak lelaki tersebut menikah dengan putri yang kaya raya. Saat kembali ke kampungnya bersama sang istri, ibu Malin Kundang pun langsung melihat anaknya dan memeluk anaknya itu. Tapi, karena merasa malu memiliki ibu yang miskin, Malin Kundang tidak mengakui jika itu adalah ibunya. Lalu, sang ibu pun marah kemudian mengutuk Malin Kundang menjadi batu dalam posisi sujud dalam penyesalan.

5. Goa Putri, Sumatra Selatan – Indonesia

goa-putri-sumatera-selatan--indonesia-rev1

Ada lagi cerita legenda di Indonesia yang sangat dipercaya oleh masyarakat di Sumatera Selatan. Konon katanya, Goa ini dinamakan sebagai Goa Putri karena kisahnya yang berkaitan dengan Putri Balian dan Si Pahit Lidah. Dulu katanya, Putri Bilian ini sedang mandi di sungai, lalu Si pahit lidah lewat dan menegur si Putri Bilian. Karena Putri Bilian tersebut tidak memperdulikannya, ia pun berkata “Sombong sekali putri ini, diam saja seperti batu.” Ternyata omongannya tersebut menjadi nyata, dan Putri Billian itu pun langsung berubah menjadi batu.

Lalu, ia berjalan lagi sampai ke desa, ia melihat tidak ada orang yang berkeliaran. Kemudian ia pun berkata “”Katanya ini desa, tapi tak ada orangnya, seperti gua batu saja,” dalam sekejap desa itu pun berubah menjadi Gua yang didalamnya ada patung Putri Bilian.

Nah, itulah dia ke lima batu yang konon katanya berasal dari manusia.

 

More From: Menarik