10 Ganguan Tidur ini Sangat Mengerikan Bahkan Bisa Bikin Kamu Mati


gambar ilustrasi lagi tidur

 

Palingseru.com – Tidur merupakan salah satu kewajiban yang harus di penuhi setiap harinya. Waktu tidur adalah waktu yang baik untuk mengistirahatkan tubuh dan mengembalikan energi yang telah terkuras selama seharian bekerja. Waktu tidur yang baik umumnya 8 jam dalam sehari. Namun, banyak sekali orang yang mengalami gangguan tidur sehingga sulit untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Seseorang seringkali mengalami gangguan tidur yang membuatnya tak bisa terlelap. Ada sejumlah gangguan tidur yang ternyata bisa dibilang cukup mengerikan bahkan bisa bikin kamu mati. Gangguan tidur seperti inilah yang seringkali membuat manusia fobia untuk tidur sehingga memilih untuk tidak tidur semalaman.

Dan seperti apa gangguan tidur yang sangat mengerikan bahkan bisa bikin kamu mati . Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia ulasannya :

1. Fatal Familial Insomnia

Fatal Familial Insomnia ini merupakan salah satu gangguan tidur yang bisa bikin kamu mati. Pada dasarnya Fatal Familial Insomnia ini gangguan tidur yang membuat kamu tidak bisa tidur sama sekali. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan kerusakan sistem saraf otonom yang bisa berpengaruh pada tekanan darah, suhu tubuh, dan detak jantung. Jika kondisi seperti ini terus berlanjut selama 18 bulan maka tubuh akan mulai melemah dan berujung pada kematian.

2. Exploding Head Syndrom

Exploding Head Syndrom ini juga merupakan salah satu gangguan tidur yang bisa bikin kamu mati. Biasanya Exploding Head Syndrom ini berusia 10 tahun hingga pada akhirnya menyebabkan kematian. Exploding Head Syndrom ini disebut sebagai parasomnia yang menyebabkan penderita mendengar suara keras saat tidur seperti bom meledak di kepala yang nantinya akan membuat jantung berdetak kencang. Gangguan tidur ini akan membuat si penderita sulit untuk tidur kembali.

3. Sleep Paralysis

Sleep Paralysis ini merupakan gangguan tidur dimana seseorang akan merasakan tubuhnya di tindih dengan beban berat dan tidak mampu untuk bergerak . Gangguan tidur seperti ini biasanya seseorang akan mengalami tidur di antara keadaan tidur dan bangun (setengah sadar) dan tubuh terasa berat. Gangguan tidur Sleep Paralysis ini hanya terjadi beberapa menit yang disebabkan akibat tubuh telah melewati keadaan atonia ketika tidur, mencegah otot dari gerakan yang berlebihan. Dalam kondisi seperti ini tubuh akan terasa lumpuh karena sangat rileks, dan sepenuhnya terasa tertindih.

4. Somnambulism

Somnambulism ini juga merupakan salah satu gangguan tidur yang bisa bikin kamu mati. Somnambulism ini keadaan tidur sambil berjalan yang biasa dialami oleh anak 8-12 tahun. Dan biasanya seseorang yang mengalami gangguan tidur seperti ini akan merasa bingung kenapa dirinya bisa berpindah tempat tidur.

5. Hypersomnia

Hypersomnia ini gangguan tidur yang membuat seseorang begitu terlelap hingga melebihi batas jam normal orang untuk tidur. Seseorang yang mengalami Hypersomnia ini akan bisa merasakan lamanya waktu tidur hingga 18 jam tanpa bangun sedikit pun namun setelah bangun dirinya akan merasakan keringat dingin yang berlebihan dan flu.

6. REM – Sleep Behavior Disorder

REM – Sleep Behavior Disorder ini merupakan gangguan tidur yang bisa membuat seseorang mengalami tidur yang begitu gelisah bahkan dia akan melukai diri sendiri, menendang, memukul yang bisa membahayakan orang lain bahkan bisa berujung pada kematian atau pembunuhan.

7. Non – 24 – Hour Sleep – Wake Syndrom

Gangguan tidur yang bisa membuat kamu mati yakni Non 24 – Hour Sleep – Wake Syndrom yakni seseorang mamiliki pembagian tidur dan beraktivitas dalam 24 jam sehari. Akan tetapi , seseorang yang mengalami gangguan tidur seperti ini lebih mampu tidak tidur dalam 48 jam tanpa memaksakan diri dan lebih memilih untuk melakukan aktivitasnya seharian.

8. Kleine Levin Syndrome

Kleine Levin Syndrome ini juga merupakan gangguan tidur yang bisa membuat seseorang bisa tertidur sampai 23 jam dalam sekali kesempatan. Dia juga akan bisa bangun sebentar kemudian tidur lagi. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh anak laki – laki berusia 15 tahun yang bisa terjadi selama berminggu – minggu.

9. Sleep Related Eating Disorder

Gangguan tidur yang mengerikan salah satunya Sleep Related Eating Disorder yang membuat kamu akan terbangun di malam hari, menuju ke dapur dan mengambil makan namun masih dalam kondisi tertidur. Namun saat terbangun , kamu tidak akan merasakan apa yang kamu makan sebelumnya.

10. Restless Leg Syndrom

Restless Leg Syndrom ini juga merupakan salah satu gangguan tidur yang mengerikan dimana kamu tertidur tetapi masih dalam keadaan yang begitu lelah . Sebab, ganguan tidur seperti ini membuat kamu susah tidur tanpa menggerakan kaki. Jadi sepanjang kamu tidur maka kaki kamu juga akan bergerak. Gangguan tidur seperti ini akan membuat kamu lebih merasa cemas dan lelah fisik setiap harinya.

AD: Hotel murah di Indonesia mulai dari Rp 99rb, Pesan di RedDoorz Install Aplikasinya Sekarang!

Nah, itulah dia sepuluh gangguan tidur yang mengerikan bahkan bisa bikin kamu mati.

More From: Sehat