10 Penyebab Sakit Gigi Dan Cara Mengobatinya


Via : Liputan6.com

PalingSeru  – Sakit gigi merupakan kondisi dimana munculnya rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Rasa nyeri yang dirasakan bisa ringan maupun berat dan terasa terus-menerus atau shilang-timbul. Penyebab sakit gigi ini bisa dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi yang berkaitan dengan gangguan yang terjadi pada struktur gigi, gusi, dan tulang alveolar sebagai jaringan penyangga gigi, dan saat pertumbuhan gigi, sehingga menimbulkan nyeri.

Penyakit yang menimbulkan rasa nyeri ini biasanya terjadi karena gigi berlubang. Namun, berbagai penyebab lain seperti adanya gejala penyakit, baik dalam rongga mulut ataupun bagian tubuh lainnya juga perlu diketahui. Setiap orang yang mengalami sakit gigi pasti merasakan tingkat keparahan yang berbeda tergantung dari penyebabnya. Jika merasakan sakit gigi yang disertai dengan deman, sakit kepala, sulit menelan, pembengakakan gusi, nyeri saat mengunyah, bau busuk dalam mulut, sulit membuka danmenutup mulut serta nyeri hingga belakang telinga, leher dan kepala sebaiknya anda perlu waspada dan memeriksakan diri kke dokter.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Selasa (22/06/2021) beberapa penyebab sakit gigi yag biasa dirasakan.

1. Gigi Berlubang

Gigi yang memiliki lubang kecil maupun besar, pasti akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit pada gigi. Gigi berlubang biasanya disebabkan karena faktor kebersihan gigi yang tidak dijaga. Contohnya saja tidak menggosok gigi dengan teratur, sering makan makanan manis, tambal gigi yang rusak, hingga kecelakaan.

2. Tumbuh Gigi

Tumbuhnya gigi susu atau pergantian gigi susu ke gigi tetap pada anak akan menimbulkan rasa sakit. Pertumbuhan gigi yang tidak mengikuti arah tumbuh yang benar juga akan menimbulkan rasa nyeri. Tumbuhnya gigi miring ke kanan atau kiri bahkan ke belakang menjauhi garis tengah rahang sehingga menabrak gigi sebelahnya dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan sakit gigi yang disebut perikoronitis.

3. Penyakit Gusi

Salah satu penyebab sakit gigi lainnya adalah penyakit gusi yakni penumpukan plak pada area gusi yang bisa menyebabkan peradangan gusi ringan atau gingivitis. Jika keadaan ini tidak ditangani dengan tepat bisa berujung pada radang gusi yang lebih parah atau periodontitis, dan dapat terjadi pembentukan abses pada gusi.

4. Gigi Sensitif

Garis gusi yang turun hingga akar gigi terekspos atau akibat penipisan enamel gigi karena menyikat gigi terlalu keras ataupun mengonsumsi makanan dan minuman yang menimbulkan asam pada gigi akan menyebabkan rasa nyeri pada gigi.

5. Gigi Patah

Gigi patah terjadi karena gigi tumbuh tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Tubuh akan mengambil cadangan kalsium pada gigi dan tulang yang dapat menyebabkan gigi mudah patah dan keropos.

6. Karies Gigi

Karies pada gigi merupakan proses kerusakan pada jaringan gigi akibat terjadinya ketidakseimbangan siklus demineralisasi dan remineralisasi, dimana proses demineralisasi terjadi terus-menerus.

7. Tambalan Gigi Yang Lepas

Kebanyakan orang akan menambal gigi yang berlubang. Jika tambalan gigi ini terlepas, maka gigi yag berlubang akan kembali terekspos sehingga sisa-sisa makanan dan bakteri dapat menyusup masuk. Hal ini menjadi penyebab sakit gigi bahkan dapat menyebabkan pembusukan gigi.

8. Abses Gigi Dan Abses Pada Gusi

Penyebab gigi yang satu ini terjadi karena karies gigi profunda tidak mendapatkan perawatan yang baik dan memadai, yang kemudian mengalami infeksi. Ciri-ciri Abses biasanya akan tampak benjolan putih di gusi yang berisi nanah.

9. Sindrom Gigi Retak ( Tooth Cracked Syndrome)

Sindrom gigi retak merupakan gangguan berupa retak pada lapisan enamel dan dentin yang menjadi penyebab sakit gigi saat mengunyah makanan.

10. Infeksi Sisa Akar Gigi

Penyebab sakit gigi yang terakhir adalah infeksi sisa akar gigi dimana sisa akar mengalami infeksi. Gusi di sekitar akar gigi bisa mengalami peradangan dan menyebabkan rasa nyeri. Penyebab sakit gigi yang satu ini perlu diperhatikan.


Like it? Share with your friends!