Istri Kamu Suka Ngomelin Anaknya? Bersyukurlah Kelak Anak Berpeluang Lebih Sukses di Masa Depan


via: intisari.grid.id

Palingseru.com – Ini tentu kedengarannya sangat aneh. Tapi inilah faktanya. Dari sini, kita pun bisa menyimpulkan bahwa segala sesuatu yang terkesan buruk juga dapat memberikan dampak baik. Ya, siapa menyangka jika istri atau ibu yang doyan ngomel bisa memberi peluang lebih besar untuk anaknya pada masa depan yang cerah.

Hal ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Essex, dengan melacak pengalaman 15.000 gadis berusia 13 hingga 14 tahun di Inggris selama periode enam tahun, melansir intisari.grid.id.

Dan hasilnya, anak yang sering dinasihati oleh seorang ibu yang cerewet berpeluang besar untuk sukses. Itu karena komunikasi yang sering dianggap anak sebagai ‘omelan’ membuat mereka merasa kesal, hingga akhirnya mendorong mereka pada pencapaian besar, untuk menjawab segala omelan sang ibu.

Di sisi lain, jika tidak ada orangtua yang memperhatikan kinerja mereka, semangat mereka justru akan menurun.

“Dalam banyak kasus, kita akan sukses melakukan apa yang diyakini lebih nyaman bagi kita, bahkan ketika ini bertentangan dengan kehendak orangtua,” kata Dr. Ericka Rascon-Ramirez, selaku peneliti.

Meski demikian, para ibu juga harus sadar dampak negatif yang ditimbulkan jika keseringan mengomeli anak. Untuk itu, neuropsikolog dari New York, Sanam Hafeez menyarankan untuk memberi nasihat sebijak mungkin, tanpa harus meninggikan suara, apalagi sampai harus melibatkan kekerasan fisik.

“Anak-anak dan remaja akan membuat kesalahan. Jika Anda harus mengomel, mengomellah dengan bijak,” katanya.

More From: Sehat